Berita

    Featured Image

    Cara Merawat Mobil 4WD dengan Baik

    Bagi Anda yang memiliki kendaraan dengan sistem penggerak menggunakan 4 roda, perlu mengetahui bagaimana cara merawat mobil 4WD (Four Wheel Drive). Seperti yang diketahui, salah satu bagian dari sistem penggerak AWD (All Wheel Drive) ini menggunakan tenaga penggerak mobil pada 2 roda bagian belakang dan 2 roda bagian depan.

    Kelengkapan dari mobil 4WD ini dikenal tangguh dan dapat dikendalikan untuk mobilitas. Meski begitu kendaraan ini tetap memerlukan perawatan secara berkala agar terhindar dari kecelakaan.

    6 Langkah Merawat Mobil 4WD

    Freepik

    Tujuan dari merawat mobil ini agar lebih tahan lama dan mencegah berbagai kerusakan pada spare part mobil. Berikut beberapa langkah sebagai cara untuk merawat kendaraan mobil 4WD.

    • Kenali Kendaraan dengan Baik

    Untuk memastikan mobil terawat dengan baik, maka Anda juga harus mengenali kendaraan dengan baik pula. Dari cara ini, Anda sudah bisa mengetahui apa saja kebutuhan yang diperlukan untuk merawat mobil setiap hari. Ini juga memudahkan untuk memonitoring perawatan saat diservis ke bengkel.

    • Rutin Mengganti Pelumas

    Mobil 4WD perlu melakukan perawatan secara berkala mulai dari mesin, transmisi, dan juga penggantian pelumas secara berkala. Saran mengganti pelumas yang baik bisa dilakukan setiap pemakaian mencapai 40.000 km. 

    Pemakaian lebih dari 40.000 km ini biasa menghabiskan waktu 2-3 tahun lamanya tergantung keaktifan mobilitas. Yang paling penting, gunakan cairan pelumas berkualitas tinggi dengan tingkat keenceran yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.

    • Gunakan Mobil Secara Berkala

    Jika mobil jarang digunakan, usahakan kendaraan tetap aktif digunakan minimal satu kali dalam seminggu. Aktifkan penggerak 4 roda secara berkala untuk meminimalisir masalah seperti kerusakan dini. 

    Hal ini juga penting dilakukan agar komponen pada penggerak mobil mendapatkan cairan pelumas secara merata. Penggunaan mobil secara rutin juga mampu membuat kinerja roda dapat bekerja dengan baik.

    • Pastikan Mobil Tampil Bersih

    Mobil 4WD memang sering digunakan untuk berpetualang seperti off-road. Hal ini memungkinkan kendaraan Anda bisa jadi kotor karena terkena cipratan lumpur dan tanah, maka Anda harus terus merawat mobil 4WD.