Berita

    Featured Image

    Cari Tahu Arti Rambu-Rambu Lalu Lintas & Fungsinya

    Ketika berkendara di jalan raya, Anda akan menemukan berbagai rambu-rambu lalu lintas. Rambu-rambu lalu lintas tersebut mempunyai fungsinya sendiri-sendiri yang harus diketahui pengguna jalan. Maka dari itu, Anda harus paham rambu rambu lalu lintas dan fungsinya.

    Anda tak perlu khawatir bila belum mengetahui arti dari rambu-rambu lalu lintas tersebut karena Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

    Jenis Rambu Rambu Lalu Lintas dan Fungsinya

    Kira-kira berapa banyak jenis rambu-rambu lalu lintas yang Anda ketahui beserta fungsinya? Coba cocokkan dan tambah pengetahuan Anda mengenai rambu-rambu lalu lintas dengan penjelasan di bawah ini.

    • Jenis Rambu Larangan

    Seperti namanya, rambu jenis ini bertujuan untuk melarang pengguna jalan agar tidak melakukan sesuatu. Biasanya warna latar belakang rambu ini adalah putih dengan lambang yang berwarna merah atau hitam. Bentuk dari rambu ini adalah lingkaran.

    Contoh dari rambu larangan adalah rambu dilarang berhenti, rambu mobil dilarang masuk, rambu sepeda dilarang masuk, dan lain sebagainya.

    Ada perbedaan antara rambu larangan dengan rambu batas akhir larangan, yakni bila garis tepi rambu larangan berwarna merah maka garis tepi rambu batas akhir larangan berwarna hitam.

    • Jenis Rambu Perintah

    Jenis rambu rambu lalu lintas dan fungsinya yang kedua adalah rambu perintah. Rambu ini bertujuan untuk memberikan perintah kepada pengguna jalan. Bentuk rambu ini adalah lingkaran dengan petunjuk yang memiliki warna putih.

    Contoh dari rambu perintah adalah rambu dengan arah panah ke kanan, rambu dengan arah panah ke kiri, rambu wajib untuk pejalan kaki, dan lain sebagainya.

    • Jenis Rambu Peringatan

    Jenis rambu ketiga adalah rambu peringatan. Rambu ini memiliki bentuk belah ketupat dengan latar belakang berwarna kuning dan simbol berwarna hitam. Selain menggunakan simbol, terkadang rambu ini juga menggunakan kata-kata.

    Tujuan dari rambu ini adalah memberi peringatan kepada pengguna jalan akan suatu keadaan atau bahaya yang akan dihadapi

    Ada beragam contoh dari rambu peringatan, seperti rambu tikungan ke kiri, rambu jalan menurun curam, rambu jalan bergelombang, dan lain sebagainya.

    • Jenis Rambu Petunjuk

    Rambu petunjuk memiliki beragam jenis yang berbeda sehingga ciri-cirinya pun berbeda. Namun tujuan dari semua jenis rambu tersebut adalah sama, yakni memberi petunjuk bagi pengguna jalan.