Berita

    Cek Dulu! Tanda-tanda Jok Mobil Rusak

    Jok mobil merupakan komponen interior mobil yang memiliki fungsi vital dan juga fungsi estetika. Selain sebagai komponen penunjang kenyamanan pengemudi saat berkendara, jok juga memiliki fungsi estetik yang memberikan kesan keren dan terawat pada mobil Anda.

    Namun, seiring waktu dan usia pemakaian, tentu jok juga dapat mengalami kerusakan atau penurunan kualitas. Lalu, apa saja tanda-tanda jok kendaraan Anda rusak dan perlu diperbaiki? Simak jawabannya di bawah ini!

    5 Tanda Jok Mobil Anda Rusak!

    Kenyamanan Anda berkendara tidak hanya ditentukan oleh kinerja pengemudi dan mesin mobil saja. Jok atau car seat juga memiliki peran yang penting untuk menentukan kenyamanan Anda dalam berkendara.

    Maka dari itu, fungsi jok wajib terus dioptimalkan dengan cara mencegah atau mengetahui tanda-tanda jok sudah rusak. Berikut ini 5 tanda jok kendaraan Anda rusak dan kualitasnya sudah menurun:

    • Kulit Jok Terkelupas

    Tanda pertama jika jok kendaraan Anda rusak atau kualitasnya menurun adalah kulit jok yang robek dan mengelupas. Anda tentu dapat secara jelas melihat secara langsung apabila kulit jok mengelupas. Hal ini menjadi pertanda awal jika kualitas jok Anda sudah menurun.

    Biasanya, cara untuk mengatasi hal ini adalah Anda dapat mengganti kulit jok dengan yang baru. Karena, biasanya kulit jok yang terkelupas akan sulit diperbaiki secara manual. Kecuali, jika Anda akan mengganti jok dengan yang baru jika jok terkelupas hingga menyeluruh.

    • Bantalan Busa Tidak Empuk

    Kedua, fungsi jok yang menurun dan rusak akan berpengaruh pada kenyamanan ketika Anda duduki. Bantalan busa yang sudah tak lagi empuk menjadi tanda bahwa jok kendaraan Anda sudah rusak dan tidak berfungsi optimal lagi.

    Bantalan busa yang tidak empuk akan mengganggu kenyamanan Anda ketika berkendara. Misal, posisi ideal Anda ketika duduk dan mengemudi menjadi terganggu. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menambahkan bantalan busa pada bengkel khusus dan mengembalikan keempukan jok.

    • Warna Jok Pudar atau Kusam

    Warna jok yang pudar atau kusam menjadi tanda bahwa Anda wajib mengganti atau memoles jok yang sudah menurun kualitasnya. Terlebih lagi jika Anda menggunakan bahan jok mobil dari bahan kulit asli atau kulit sintetis.

    bahan kulit mulai pudarunsplash.com

    Potensi warna jok yang pudar akan lebih tinggi seiring penggunaannya yang terlalu lama. Maka dari itu, untuk mengatasi hal ini, biasanya Anda disarankan untuk memoles kembali jok yang pudar atau kusam.

    • Tuas Pengaturan Jok Rusak

    Komponen jok mobil tidak hanya sekadar bagian luarnya saja. Terdapat komponen tuas jok yang memiliki fungsi sebagai pengatur posisi jok yang nyaman bagi pengemudi. Jika komponen ini rusak tentu akan membuat pengemudi kesulitan untuk mengatur joknya.

    Anda dapat melakukan perbaikan servis jika mengalami kerusakan jenis ini. Perbaikan tersebut dapat Anda lakukan di bengkel resmi dan terpercaya. Tujuannya, agar Anda dapat mengembalikan fungsi jok secara optimal.

    • Per Jok yang Patah

    Tanda kerusakan jok yang terakhir adalah per yang patah atau rusak. Jika hal ini terjadi, tentu Anda wajib menggantinya dengan komponen baru. Hal tersebut karena apabila per jok sudah rusak maka potensi Anda mengemudi tidak nyaman akan semakin tinggi.

    Anda tidak perlu mengganti keseluruhan badan jok, karena yang dapat Anda lakukan adalah membawa mobil ke bengkel dan ganti komponen per yang rusak dengan yang baru. Pilihan penggantian per jok yang baru menjadi satu-satunya solusi masalah dari kerusakan jok ini

    Kesimpulannya, jok mobil juga dapat mengalami kerusakan apabila tidak secara rutin dirawat atau karena penggunaan yang terlalu lama. Tanda-tanda jok kendaraan rusak tidak hanya sekadar membuat pengemudi tidak nyaman dalam berkendara.