Berita

    Featured Image

    Kenali Penyebab Mobil Limbung Beserta Cara Mengatasinya

    Mobil limbung tentu mengganggu kenyamanan pengendara di dalam mobil. Keadaan limbung yang dialami mobil ini disebut juga dengan body roll. 

    Kondisi mobil yang limbung biasa terdeteksi ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Terutama ketika mobil melintasi tikungan tajam dan juga jalanan yang tidak rata. 

    Saat menukik di belokan, penumpang mobil akan merasakan efek limbung ke arah yang berlawanan dengan arah belok mobil. Kira-kira apa saja penyebab mobil menjadi limbung? Bagaimana cara untuk mengatasinya?

    Kenali Penyebab Mobil Limbung

    Selain memberikan efek yang berlainan arah pada penumpang. Keadaan mobil yang limbung juga dapat membuat mobil terasa terpental ke luar jalur yang semestinya. 

    • Suspensi Mobil yang Melemah

    Kondisi suspensi yang mengalami penurunan menjadi penyebab mobil yang limbung. Suspensi mobil kewalahan untuk meredam getar dan goncangan yang terjadi. Dikarenakan efek gaya sentrifugal yang terlalu kuat.

    Lemahnya suspensi juga membuat mobil terasa lebih limbung ketika melewati medan bergelombang, berkelok dan berlubang. Sebab suspensi sudah tidak kuat untuk menahan beban kejut dan guncangan.

    Selain itu, pastikan karet bushing pada komponen suspensi tidak dalam keadaan buruk. Jangan sampai kondisinya sampai aus dan melonggar.

    • Tekanan Ban yang Kurang

    Kurangnya tekanan angin pada ban juga akan memberikan efek limbung pada mobil. Efek hendak terguling akan terasa jika Anda memaksakan diri mengemudikan mobil yang kurang angin. Apalagi jika mengemudikannya dalam keadaan yang cepat dan melewati jalan berkelok. 

    • Ground Clearance yang Tinggi

    Ground clearance atau disebut juga kolong mobil juga menentukan performa mobil pada berbagai macam lintasan area. Tentu akan mudah melibas jalanan bumpy dengan kolong mobil yang tinggi. Apalagi jika tidak diimbangi dengan kondisi suspensi yang prima. 

    Jika ground clearance mobil tergolong tinggi maka akan memiliki daya dorong yang lebih besar. Penumpang juga akan merasakan kesan limbung ketika mobil melakukan belokan. 

    • Mengemudi dengan Kecepatan Tinggi

    Tak bisa dipungkiri bahwa kecepatan Anda dalam mengemudikan mobil juga  dapat menjadi penyebab mobil terasa body roll. 

    Hal ini yang menentukan gaya sentrifugal karena pergerakan kecepatan tentu seiring dengan bertambahnya gaya dorong.