Berita

    Featured Image

    Ketahui Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik

    Beberapa bagian komponen mobil diperiksa sebelum mudik sangat penting dilakukan untuk menjaga keselamatan pengendara dan penumpangnya. Seperti yang diketahui, mudik adalah salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh perantau untuk pulang ke kampung halaman menjelang lebaran. 

    Aktivitas ini bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis transportasi seperti bus ataupun mobil pribadi yang bisa memakan waktu beberapa jam hingga berhari-hari. Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan perjalanan terasa nyaman dengan memeriksa komponen dalam kendaraan sebelum mudik.

    7 Komponen Mobil Diperiksa Sebelum Mudik

    Setiap kendaraan terdiri dari beberapa komponen yang harus diperiksa secara berkala. Berikut 7 komponen mobil yang wajib diperiksa sebelum mudik agar bisa berkendara dengan nyaman.

            1. Ban Mobil

    Ban adalah bagian dari komponen mobil yang memiliki peran penting sehingga wajib diperhatikan kondisinya secara berkala. Oleh sebab itu, setiap mobil hendak digunakan, periksa kondisi ban apakah berfungsi dengan baik. Pastikan tidak ada permasalahan seperti ban kempes, sobek, atau benjol. 

            2. Aki Mobil

    Komponen lainnya yang perlu diperiksa selanjutnya adalah aki mobil. Aki memiliki peran penting sebagai sumber utama kelistrikan pada mobil. Oleh sebab itu, pastikan listrik pada mobil masih berfungsi dengan baik.

    Jika daya listrik hilang, ini akan membuat mesin mobil tidak bisa hidup. Seperti mesin AC, lampu, atau wiper yang tidak bisa berfungsi dengan baik.

            3. Rem Mobil

    Komponen mobil diperiksa sebelum mudik selanjutnya adalah rem mobil. Mulai dari pengecekan minyak hingga kebersihan komponen rem agar tidak menurunkan performa pada rem mobil. 

    Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kondisi kampas rem yang berfungsi untuk menanggung beban berat saat rem mobil dioperasikan agar rem tidak blong yang akan memicu kecelakaan di jalan.

            4. Oli Mobil

    Oli berfungsi sebagai pelumas agar sistem kendaraan dan mesin dapat bergerak dengan baik. Jika oli sudah habis, ini bisa menjadi masalah dan menyebabkan mobil mogok. 

    Untuk mengatasi hal tersebut, periksa seluruh oli mobil baik itu pada oli mesin, oli gardan, hingga oli transmisi.

            5. Filter Mobil

    Komponen mobil diperiksa sebelum mudik selanjutnya adalah filter mobil. Periksa semua bagiannya di kendaraan mulai dari filter oli, mesin, udara, hingga kabin yang ada di dalam mobil.