Berita

    Featured Image

    Mengenal Rebound pada Shockbreaker Mobil dan Manfaatnya

    Rebound shockbreaker mobil apakah masih terdengar kurang familiar bagi Anda? Rebound ialah keadaan ketika shockbreaker di mobil melakukan pantulan ke posisi semula setelah mendapatkan tekanan. 

    Contohnya, ketika Anda berkendara dan melewati gundukan di jalanan maka komponen ini bekerja. Ketika badan Anda sedikit terpantul dari seat, maka di situlah fungsi rebound bekerja. Lebih jelasnya silahkan membaca artikel ini sampai bawah!

    Apa itu Rebound Shockbreaker Mobil?

    Rebound atau pantulan yang terjadi di shockbreaker bisa dilakukan setelan ulang. Gunanya sendiri seperti yang telah disebutkan di atas adalah membuat posisi tetap di posisi awal dan tak terpantul jauh ketika kendaraan melintasi jalanan penuh gundukan. 

    Anda bisa melakukan setel ulang pada shockbreaker agar memberi efek rebound dengan menggunakan shockbreaker aftermarket. Semakin shockbreaker disetel dengan baik bisa hasilkan rebound yang cepat dan terkesan tidak terasa berguncang, maka efek pantulannya akan lebih baik. Sebab jika reboundnya lambat akan cukup mengganggu kenyamanan berkendara Anda.

    Manfaat Shockbreaker pada Mobil Anda

    Berikut ini ialah manfaat rebound pada shockbreaker mobil yang sebaiknya Anda ketahui. Melansir dari GridOto, sebagaimana kegunaan efek rebound ialah membuat posisi pantulan kembali ke posisi awal saat terkena tekanan. 

    Manfaat adanya efek rebound shockbreaker mobil ini tergolong penting. Jika tak terdapat efek rebound maka pengemudi dan penumpang di dalam mobil bisa saja terpental dari seat-nya. Meski hanya melewati gundukan kecil dan rendah semacam polisi tidur di jalanan. Tak terbayang jika menghadapi gundukan atau tanjakan yang lebih tinggi.

    Jadi, rebound pada shockbreaker ini memaksimalkan fungsi asli komponen satu ini untuk meredam kejut yang ditimbulkan. Rebound bisa disetel agar mampu memberikan kecepatan pada pergerakan ke atas pada posisi yang semula. 

    Mengaturnya ada pada lubang suling yang tersemat di komponen shockbreaker. Jika lubang suling diatur kecil, menyebabkan kecepatan shockbreaker kembali pada posisi semula juga jadi mengalami perlambatan. Begitu pula sebaliknya, jika diatur besar, maka dapat cepat kembali ke posisi semula. 

    Manfaat lainnya dengan menciptakan efek rebound shockbreaker mobil ialah membuat laju mobil jadi lebih stabil. Namun kekurangannya ialah membuat kenyamanan berkendara juga jadi agak sedikit berkurang. Maka, disarankan untuk melakukan setting pada rebound shockbreaker sesuai dengan kebutuhan saja.

    Inilah Tips untuk Menjaga Keawetan Shockbreaker