Berita

    Featured Image

    Penyebab Oli Mobil Rembes & Cara Mengatasinya

    Saat sedang mengecek kondisi mobil, pernahkah Anda menemukan bercak atau genangan cairan oli di bagian bawahnya? Jika iya, masalah oli mobil rembes tersebut bisa menjadi pertanda buruk yang dapat menyebabkan kerusakan pada bagian lainnya.

    Hal ini karena oli merupakan elemen penting untuk mekanisme pelumasan yang baik agar mesin bisa bekerja tanpa terganggu oleh gesekan dan membantu meminimalisir korosi. Karena itu, kenali apa saja penyebab hingga cara mengatasi rembesan oli mobil.

    Berikut Penyebab Oli Mobil Rembes

    Penyebab rembesan oli pada mobil dapat bervariasi, seperti segel atau karet yang rusak, gasket yang sudah usang, dan lain sebagainya. Berikut ini berbagai kemungkinan penyebab timbulnya rembesan yang perlu Anda ketahui:

    Baca Juga : Cara Hemat BBM Agar Perjalanan Lebih Efisien

     

    Filter Oli Sudah Usang atau Rusak

     

    Filter oli pada mobil memiliki fungsi untuk menyaring kotoran dan partikel-partikel kecil yang terdapat dalam oli, sehingga oli yang dipompa ke mesin menjadi lebih bersih. Jika filternya bermasalah maka partikel-partikel tersebut tidak dapat disaring.

    Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Jenis dan Fungsi Helm Yang Perlu Diketahui

    Jika dibiarkan terus menerus, hal ini bisa menyebabkan terjadinya rembesan oli pada mobil. Selain itu, komponen filter yang rusak juga dapat menyebabkan tekanan pada sistem pelumas menjadi tidak seimbang dan mengakibatkan oli keluar dari mobil.

     

    Steker Pembuangan Oli Bermasalah

     

    Baca Juga : 5 Aplikasi GPS Terbaik Menemani Perjalanan Kamu

    Penyebab oli mobil rembes selanjutnya adalah masalah pada steker pembuangan oli. Pada dasarnya, komponen ini berfungsi untuk mengalirkan cairan pelumas dari mesin ke tempat penyimpanan oli.

    Jika steker pembuangan oli bermasalah, seperti rusak atau tidak kencang, maka oli bisa keluar dari celah antara steker dan mesin, hingga menyebabkan munculnya rembesan.

     

    Gasket Sudah Usang