Berita

    Featured Image

    Ini Dia Alasan Harus Mematikan Lampu Kabin Mobil di Malam Hari.

    Lampu kabin mobil berfungsi sebagai sumber pencahayaan pada interior mobil. Namun sebaiknya lampu kabin dimatikan saat berkendara di malam hari, untuk alasan keselamatan. 

    Lampu kabin memang dibutuhkan dan sangat fungsional. Terutama ketika pengemudi sedang mencari barang di dalam mobil. 

    Atau ketika Anda berusaha membaca dan menulis sesuatu, lampu kabin menjadi penerang yang sangat membantu. Akan tetapi saat mobil melaju di malam hari, sangat dianjurkan untuk mematikan lampu kabin. 

    5 Alasan Harus Mematikan Lampu Kabin Mobil di Malam Hari 

    Ada beberapa alasan yang menjelaskan mengapa sebaiknya, lampu di dalam kabin mobil dimatikan, jika mobil melaju di malam hari. Demi keamanan dan keselamatan pengemudi selama berkendara. Berikut ini penjelasannya: 

    • Menjaga Privasi

    Bila Anda membiarkan lampu di dalam mobil menyala, semua yang ada di dalam kabin akan terlihat jelas dari luar. Jumlah penumpang, barang, dan situasi di dalam mobil, pengendara lain bisa melihatnya secara jelas.

    Dengan mematikan lampu kabin Anda bisa menjaga privasi. Serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

    Sebab dengan menyalakan lampu interior mobil, berarti Anda memberikan kesempatan kepada pelaku kejahatan untuk mengintai. Kemudian mereka tidak akan ragu mengincar mobil Anda. 

    Jadi lebih baik matikan lampu interior selama Anda mengemudi di malam hari. Supaya Anda merasa lebih aman dan tidak menjadi sasaran pelaku-pelaku kriminal. 

    • Memaksimalkan Penglihatan di Malam Hari

    Lampu kabin yang terus menyala bisa mengganggu penglihatan pengemudi. Karena pupil mata bekerja dengan cara menyesuaikan intensitas cahaya yang diterima. Jika di dalam mobil cukup terang pupil akan mengecil, agar menerima lebih sedikit cahaya.

    Sedangkan kondisi di luar mobil lebih gelap. Hal ini membuat kemampuan Anda melihat situasi di jalan jadi terganggu. Selain itu  pantulan cahaya dari setiap sisi interior mobil juga menyulitkan pengemudi untuk fokus ke bagian luar mobil. 

    • Mengganggu Pengendara yang Lain

    Selain menghambat penglihatan pengemudi, lampu kabin yang menyala juga akan mengganggu pengendara yang lain. Cahaya terang dari dalam mobil Anda bisa membuat fokus pengendara di sekitar teralihkan ke mobil Anda yang terang. 

    Sehingga dapat mengacaukan konsentrasi pengemudi mobil lain, yang seharusnya fokus melihat petunjuk dan marka jalan. 

    • Boros Aki