Berita

    Featured Image

    Seberapa Pentingkah Tune Up Mobil? Ini Penjelasannya

    Tune up mobil merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik mobil. Ada banyak sekali manfaat tune up mobil yang akan Anda rasakan sebagai pengendara. 

    Tune up itu sendiri merupakan penyetelan ulang agar mobil kembali seperti semula setelah digunakan dalam periode waktu tertentu. Mari cari tahu lebih banyak lagi apa sebenarnya manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan dari aktivitas ini. 

    Manfaat Tune Up Mobil

    Sebenarnya tune up ini sangat penting untuk dilakukan dan sangat direkomendasikan untuk dilakukan secara rutin. Hanya saja masih banyak pengguna mobil yang tidak menyadarinya bahkan menganggap hal ini sepele. 

    Berikut ini ada beberapa manfaat yang nantinya dapat Anda rasakan jika rajin tune up mobil secara rutin. 

    • Meningkatkan Performa Mesin Mobil

    Anda pasti ingin selalu berkendara dengan mobil yang performanya optimal. Demi menjaga atau mempertahankan performa mesin tetap di titik optimal, maka sangat disarankan untuk melakukan tune up

    Penting untuk Anda ketahui bahwa tune up hanya fokus pada bagian mesin mobil. Proses ini akan berfokus pada oli mesin, oli gardan, oli transmisi, power steering, dan lain sebagainya. 

    Saat menjalani tune up, maka mobil anda akan dioptimalkan dapur pacunya. Jika proses ini sudah selesai maka performa mesin mobil secara otomatis akan kembali berada di titik optimalnya. 

    • Menjaga Performa Komponen Mesin

    Sudah pasti setiap komponen mesin akan selalu terjaga performanya jika Anda rajin melakukan tune up. Saat menjalani tune up, semua bagian atau komponen mesin mobil akan diperiksa dan dipastikan ada dalam kondisi prima. 

    Jika setiap komponen mesin mobil terjaga kondisinya dan tetap stabil, maka semuanya akan bekerja dengan baik. Artinya mobil Anda jadi lebih nyaman untuk dikendarai. 

    • Menjaga Fungsi Filter Udara dan Celah Katup

    Manfaat tune up mobil berikutnya adalah untuk menjaga fungsi filter udara dan celah katup. Melalui proses tune up, fungsi saringan udara di dalam mesin mobil Anda akan selalu terjaga dengan baik.

    Menjaga Fungsi Filter Udara dan Celah Katup

    Biasanya jika filter udara ini tidak dirawat dengan baik maka fungsinya akan terganggu. Hal ini akan menyebabkan penurunan performa mesin dan membuat mobil Anda jadi tidak nyaman untuk dikendarai. 

    Tune up juga akan mempertahankan kondisi celah kabel busi dan celah katup agar bekerja optimal. Celah busi dan celah katup akan dibersihkan sehingga tidak merusak fungsi apapun pada performa mobil Anda. 

    • Memperpanjang Masa Pakai Mobil

    Jika Anda melakukan tune up secara rutin, maka Anda bisa memperpanjang masa pakai mobil. Proses tune up akan menjaga performa mobil tetap baik seperti semula atau seperti saat mobil masih baru. 

    Walaupun mobil Anda mungkin sudah keluaran lama, namun performanya akan tetap terjaga. Tenaga mesinnya masih optimal sehingga masa pakainya juga lebih lama lagi. 

    • Meningkatkan Kenyamanan dan Keamanan

    Tentu saja proses tune up ini akan sangat membantu meningkatkan kenyamanan Anda selama berkendara. Mobil yang rajin tune up pasti akan jauh lebih nyaman untuk dipakai karena performa mesin optimal dan konsumsi bahan bakar efisien. 

    Selain meningkatkan kenyamanan, hal ini juga bisa membantu meningkatkan keamanan saat berkendara. Tentu jauh lebih aman jika Anda mengendarai mobil yang rutin di-tune up karena performanya terjaga.