Berita

    Featured Image

    Ini Dia Penyebab Utama Jarum RPM Mobil Mati

    RPM (revolution per minute) atau putaran per menit pada mobil menjadi salah satu parameter penting dalam mengemudi karena membantu pengemudi memahami kondisi dan beban kerja mesin. Jika jarum RPM mobil mati, maka pengemudi tidak bisa mengetahui kecepatannya.

    Sebab dalam  istilah sederhana, RPM adalah indikator yang mengukur seberapa cepat mesin mobil berputar. Indikator ini biasanya ditemukan pada dashboard mobil, dan akan naik turun secara otomatis seiring perubahan kecepatan berkendara.

    Ini Dia Penyebab Jarum RPM Mobil Mati

    Masalah jarum RPM mobil yang mati bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab. Sebagai langkah identifikasi dini, ini dia berbagai kemungkinan penyebab jarum RPM mobil yang mati atau tidak berfungsi:

    • Masalah pada Sistem Kelistrikan 

    Salah satu penyebab utama matinya jarum RPM mobil yaitu adanya masalah pada kelistrikan kendaraan. Hal ini karena panel indikator RPM terhubung dengan sistem kelistrikan mobil.

    Sehingga apabila terjadi gangguan seperti arus pendek atau korsleting dalam rangkaian kelistrikan, panel indikator termasuk panel RPM dapat mati secara keseluruhan, sebab panel indikator butuh aliran listrik yang stabil untuk berfungsi.

    • Masalah pada Panel Indikator

    Penyebab jarum RPM mobil mati selanjutnya yaitu karena terdapat masalah pada bagian panel indikator itu sendiri. Panel dalam dashboard mobil biasanya terdiri dari beberapa indikator seperti RPM (tachometer), speedometer, dan odometer.

    Jika ada masalah dengan salah satu panel tersebut, misalnya kerusakan pada sirkuit internal atau komponen yang rusak, hal ini dapat berdampak pada stabilitas dan fungsi jarum RPM yang menjadi tidak stabil atau bahkan mati.

    • Masalah pada Tachometer (Kalibrasi RPM)

    Tachometer yang berfungsi mengukur putaran mesin dalam satuan RPM, dapat menjadi sumber masalah jika tidak di-kalibrasi dengan benar. Ketidaksesuaian antara kalibrasi dan putaran mesin dapat menyebabkan jarum indikator menjadi tidak akurat.

    Sehingga ketika jarum RPM naik atau turun tanpa alasan yang jelas saat mesin berjalan stabil, ini bisa menjadi tanda bahwa tachometer perlu disesuaikan ulang. Sebab kalibrasi yang tidak akurat dapat membuat performa mesin sulit diidentifikasi.

    Cara Mengatasi Jarum RPM Mobil yang Mati

    Freepik.com