Berita

    Featured Image

    Jangan Salah! Ini Cara yang Benar Menginjak Pedal Gas Mobil

    Banyak pemula yang belajar mengendarai mobil setiap harinya. Saat proses belajar tersebut berlangsung, ada beragam hal yang perlu diperhatikan oleh para pemula. Salah satunya adalah cara menginjak pedal gas mobil yang benar.

    Cara ini bisa menghindari masalah yang diakibatkan oleh kekeliruan saat menginjak pedal gas, seperti borosnya bahan bakar, rusaknya komponen mobil, hingga kecelakaan. Simak uraian di bawah ini untuk mengetahui cara tersebut.

    Cara Menginjak Pedal Gas Mobil yang Benar

    Cara menginjak pedal gas yang benar tidaklah sulit. Namun, hal ini bisa berbeda bagi setiap orang terutama para pemula. Maka dari itu, ulasan di bawah ini perlu diperhatikan.

    • Memahami Perbedaan Mobil Manual dan Otomatis

    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami perbedaan mobil manual dan otomatis terlebih dahulu. Dengan memahaminya, pemula akan mengetahui bahwa sejatinya pedal yang dimiliki mobil manual dan otomatis berbeda.

    Ada tiga pedal pada mobil manual, yaitu kopling di sisi kiri, rem di tengah, dan gas di sisi kanan. 

    Mobil otomatis sendiri tak memerlukan kopling sehingga hanya membutuhkan pedal rem di sisi kiri dan gas di sisi kanan. Tak hanya memahami perbedaannya, posisi pedal ini juga perlu diperhatikan agar tidak salah injak.

    • Injak dengan Lembut

    Banyak pemula yang menginjak pedal terlalu dalam dan kasar. Hal ini membuat mobil akan melaju secara tiba-tiba sehingga sulit untuk dikendalikan. Oleh sebab itu, para pemula perlu menginjaknya dengan lembut secara perlahan. 

    Bila menggunakan mobil manual, pemula bisa menggunakan kaki kanan untuk gas dan rem. Sedangkan kaki kiri bisa digunakan untuk pedal kopling. 

    Namun bila memakai mobil otomatis, kaki kanan bisa digunakan untuk menginjak dua pedal yang ada.

    • Jangan Menginjak Gas dan Rem Berbarengan

    Tak jarang para pemula menginjak pedal gas mobil dan rem secara berbarengan. Terlebih lagi bila dalam keadaan panik. Hal ini patut dihindari karena dapat merusak sistem mobil.

    Oleh sebab itu, pedal perlu diinjak secara bergantian dengan melepas dan menginjak pedal lain secara lembut. Hal ini juga berlaku pada pedal kopling di mobil manual saat berganti gigi.

    Meski sering terjadi pada pemula, tidak jarang hal semacam ini juga dialami pengendara yang sudah lama menyetir mobil. Pada dasarnya, setiap pengendara perlu memperhatikan himbauan yang satu ini.

    • Posisikan Kaki dengan Tepat

    Supaya bisa menginjak pedal dengan benar, posisi kaki perlu diatur. Untuk mobil bertransmisi manual, para pemula bisa meletakkan kaki kiri di atas pedal kopling. 

    Lalu, kaki kanan bisa diletakkan di atas pedal gas saat melaju. Namun, kaki kanan harus bisa digerakkan ke pedal rem secara leluasa.

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dua pedal mobil otomatis memang menggunakan kaki kanan. 

    Dengan demikian, kaki kanan bisa diatur agar siap menginjak keduanya. Lalu, kaki kiri bisa diletakkan di footrest sehingga tak menggantung.

    •  Duduk dengan Nyaman

    Sekilas posisi duduk tak berhubungan terhadap cara menginjak pedal yang benar. Namun sejatinya, posisi duduk dapat mempengaruhi gerak kaki sehingga bisa menginjak pedal dengan tepat. 

    Selain itu, posisi duduk juga bisa mempengaruhi reflek kaki dalam menginjak pedal di saat-saat genting.

    Oleh sebab itu, posisikan tubuh agar bisa duduk dengan nyaman. Usahakan agar kaki bisa menjangkau pedal dengan sempurna dan tangan tetap memegang setir.

    Jika kesulitan dalam menerapkan cara menginjak pedal gas mobil ini, para pemula bisa meminta bantuan pada profesional.