Berita

    Featured Image

    Ini Penyebab Setir Mobil Sering Goyang dan Tidak Stabil

    Sangat berbahaya jika memaksa untuk meneruskan perjalanan saat setir mobil goyang ke kanan ke kiri. Selain membuat tidak nyaman, kondisi setir yang tidak stabil juga bisa mengancam keselamatan pengguna jalan lainnya. 

    Itu sebabnya setiap pengemudi tidak boleh abai ketika kemudi sudah mulai terasa goyang ke kanan dan ke kiri. Lantas, apa yang menjadi penyebab setir mobil menjadi tidak stabil? Berikut penjelasannya. 

    Pemicu Kondisi Setir Mobil Goyang ke Kanan ke Kiri

    Dengan mengetahui apa yang menjadikan setir mulai tidak stabil, Anda bisa mengambil tindakan yang tepat untuk permasalahan tersebut. Ada beberapa penyebab umum yang membuat setir pada mobil goyang ke kanan dan ke kiri, antara lain:  

    • Roda Tidak Sejajar

    Pertama, kondisi roda kendaraan yang tidak sejajar bisa membuat bagian setir tidak stabil sehingga menjadi goyang ke kiri dan ke kanan. Umumnya, ini terjadi pada mobil yang kerap mengalami benturan atau kurang mendapat perawatan rutin. 

    • Ban Bermasalah

    Selain roda, kondisi ban yang tidak prima juga bisa membuat setir mobil goyang ke kanan ke kiri. Misalnya, ban aus, kurang isi, atau ban terlihat menggelembung. 

    Semua kondisi tersebut membuat daya cengkram ban menjadi berkurang saat bersentuhan dengan permukaan jalan sehingga mobil Anda sulit untuk dikendalikan. 

    Hal ini akan membuat keseimbangan mobil menjadi terganggu dan setir pun menjadi goyang. 

    • Velg Penyok

    Penyebab ketiga yang membuat setir mobil mulai terasa goyang atau tidak stabil bisa dikarenakan bagian velg yang penyok atau rusak. 

    Beberapa kondisi yang membuat velg penyok antara lain karena permukaan jalan yang banyak lubang, bergelombang, tidak rata, atau terlalu terjal. Selain itu, rusaknya velg juga bisa terjadi karena ban yang terus dipakai saat tekanan anginnya kurang. 

    • Spooring dan Balancing

    Setir pada mobil terasa goyang juga bisa dikarenakan belum spooring dan balancing. Kedua perawatan tersebut bisa dilakukan apabila setelah pengecekan terhadap kondisi ban dan velg tidak ditemukan masalah namun setir pada mobil goyang. 

    Selain itu, pada dasarnya perawatan spooring dan balancing ini perlu dilakukan secara rutin antara 2-3 bulan sekali. 

    Sebab, selain membuat roda kendaraan menjadi seimbang, kedua perawatan ini juga bertujuan untuk menjaga kondisi kaki-kaki mobil tidak mudah aus. 

    Pixabay
    • Link Stabilizer Rusak