Berita

    Featured Image

    Kapan Aki Mobil Harus Diganti dan Kenapa Penting?

    Bagi pemilik mobil, penting untuk mengetahui kapan aki mobil harus diganti. Pasalnya, aki adalah komponen penting yang mendukung sistem kelistrikan pada mobil. Fungsi utama dari komponen ini yaitu untuk menyimpan daya listrik untuk menjalankan komponen lain.

    Sama seperti komponen mobil yang lainnya, aki juga memiliki masa pemakaian. Bila tidak segera mendapat penggantian, dapat menurunkan performa kendaraan Anda karena suplai listrik yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Lalu, kapan waktu yang direkomendasikan?

    Kapan Aki Mobil Harus Diganti?

    Usia pakai dari aki mobil tergantung dari penggunaan mobil itu sendiri. Umumnya, sebuah aki memiliki masa pakai antara 2-5 tahun atau telah mencapai 50.000 kilometer. 

    Namun, untuk pemakaian normal untuk kebutuhan sehari-hari, masa pakai aki mobil dapat diperkirakan antara 1-3 tahun.

    Cuaca yang panas serta terik dapat memicu aki menjadi lebih panas. Hal ini mengakibatkan cairan pada aki lebih mudah menguap sehingga memengaruhi masa pakai aki. 

    Ciri Aki Mobil Harus Diganti

    Ciri Aki Mobil Harus Diganti

    Untuk mengenali kapan aki mobil harus diganti, Anda dapat memperhatikan beberapa ciri berikut ini:

    • Usia Aki sudah Tua

    Seperti yang sudah diketahui, aki memiliki batas masa pakai. Umumnya, pada saat pembelian aki baru, pihak bengkel akan menuliskan tanggal pembelian pada aki tersebut. Hal ini membantu Anda untuk mengecek usia pakai aki dengan lebih mudah.

    Umumnya, sebuah aki memiliki masa pakai sekira 2 tahunan. Namun, hal ini dapat berbeda pada setiap kendaraan. Tergantung dari cara pemakaian dan perawatan dari kendaraan itu sendiri.

    • Mesin Sulit Menyala

    Ciri lainnya yang dapat dikenali sebagai tanda aki mobil harus diganti yaitu mesin sulit dinyalakan. Bila mobil tidak kunjung menyala pada saat distarter, kemungkinan terdapat masalah pada aki kendaraan tersebut.

    Salah satu penyebabnya yaitu mungkin air aki sudah kering sehingga tidak mampu mengalirkan daya listrik menuju starter. 

    Sementara itu, bagi pengguna aki kering, mesin akan sulit menyala karena adanya guncangan yang merusak cell pada aki atau karena usia aki yang sudah cukup lama.

    • Lampu Redup dan Klakson Lemah

    Bila mobil Anda menunjukkan tanda berupa lampu redup dan klakson yang melemah, bisa jadi aki mobil harus segera mendapat penggantian. Biasanya, aki yang bermasalah dapat memengaruhi klakson sehingga suaranya terdengar kurang optimal.

    Tidak hanya itu, kinerja aki yang kurang maksimal juga dapat menyebabkan lampu mobil menjadi kurang terang. Namun, hal ini juga dapat disebabkan oleh usia lampu yang memang sudah lama. Jadi, Anda perlu memeriksanya dengan pasti.

    • Tegangan Aki Rendah

    Tegangan aki yang rendah juga menandakan aki harus segera diganti. Untuk mengetahuinya, Anda dapat mengecek aki menggunakan cranking atau load tester.  Bila ditemukan tegangan aki kurang dari 10 volt tandanya aki harus diganti.

    • Mesin Bau saat Dihidupkan

    Bau tidak sedap yang muncul biasanya berasal dari sel-sel aki yang sudah mulai rusak. Saat mesin dinyalakan akan tampak seperti air mendidih. Bila Anda menemukan tanda ini, jangan ragu untuk segera mengganti aki dengan yang baru.