Berita

    Featured Image

    Ketahui Penyebab Gas Mobil Ngempos dan Cara Mengatasinya

    Istilah gas mobil ngempos mengacu pada mobil yang kehilangan tenaga ketika digas. Hal ini tentu sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara, sebab akselerasi dan performa mobil menjadi terganggu dan tidak lagi optimal.

    Penyebab gas mobil kehilangan tenaga atau ngempos bisa bermacam-macam, bisa karena masalah pada mesin atau karena salah menggunakan BBM. Oleh karena itu, kenali apa penyebabnya agar masalah gas ngempos ini bisa diatasi.

    Berikut Penyebab Gas Mobil Ngempos

    Ada beberapa faktor penyebab yang membuat mobil menjadi kehilangan tenaga atau ngempos ketika digas. Berikut ini beberapa faktor penyebab yang paling umum:

    • Mesin Overheat atau Overload

    Kondisi mesin mobil yang overheat atau mengalami kenaikan suhu ekstra dapat mengganggu proses pelumasan sehingga kinerja komponen lain terganggu. Selain itu, overload atau kelebihan muatan beban juga bisa membuat tenaga mobil berkurang.

    • Busi Kotor atau Berkerak

    Busi adalah salah satu komponen penting dalam proses pembakaran di mesin mobil. Jika terdapat kotoran atau kerak yang menyumbat, maka proses pembakaran tidak akan berlangsung maksimal.

    • Filter Udara Kotor

    Selain busi, filter udara juga berperan penting dalam proses pembakaran sebagai komponen penyuplai oksigen yang bersih. Sehingga jika filter udaranya kotor atau tersumbat, proses pembakaran juga tidak akan berlangsung dengan baik.

    • Sistem Pengapian Bermasalah

    Sistem pengapian mesin mobil mengacu pada proses pembakaran untuk menghasilkan tenaga yang menggerakkan mesin mobil. Jika sistem ini bermasalah, maka otomatis mobil tidak bisa digerakkan atau akselerasinya bermasalah.

    • Kerusakan Ring Piston

    Ring piston atau ring seher merupakan salah satu komponen yang berfungsi mencegah kebocoran kompresi dan mengoptimalkan kinerja mesin. Jika komponen ini rusak, maka oli dapat masuk ke ruang bakar hingga ruang silinder menjadi kering.

    • Kerusakan Blok Silinder

    Penyebab gas mobil ngempos selanjutnya adalah kerusakan pada blok silinder, yaitu jalur ring piston ketika bergerak. Biasanya, kerusakan ini akan terjadi jika komponen mesin tidak dilumasi dengan baik.

    • BBM Tidak Sesuai Spesifikasi

    Terakhir, penggunaan BBM yang salah atau tidak sesuai spesifikasi standar oktan kendaraan juga bisa membuat akselerasi saat mobil digas menjadi tidak bertenaga. Jadi, pastikan oktan BBM yang Anda gunakan sudah sesuai spesifikasi mobilnya.

    Cara Mengatasi Gas Mobil yang Ngempos