Berita

    Featured Image

    Kenali Cara Reset Head Unit Mobil dengan Mudah

    Pada saat berkendara, mungkin akan terasa sangat membosankan jika hanya berdiam diri begitu saja, apalagi jika Anda berkendara jarak jauh. Dengan adanya head unit pada mobil, menjadi salah satu pusat hiburan untuk Anda. 

    Dahulu, head unit merupakan perangkat yang hanya berfungsi untuk memutar radio saja. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, head unit sudah dapat tersambung dengan perangkat lain. Contohnya seperti smartphone dengan bantuan sambungan bluetooth atau USB.

    Seperti halnya perangkat lain pada mobil, head unit juga tak jarang mengalami masalah atau kerusakan. Untuk menanggulanginya, Anda perlu mengetahui bagaimana cara reset head unit mobil dengan benar. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak terlebih dahulu ulasan lengkapnya di bawah ini.

    Mengapa Reset Head Unit Mobil Bisa Saja Terjadi?

    Terdapat beberapa alasan mengapa Anda perlu melakukan reset pada head unit mobil Anda, diantaranya: 

    • Layar head unit mobil Anda seringkali mati 
    • Suara yang dihasilkan dari head unit tidak jernih
    • Perangkat sulit tersambung dengan menggunakan bluetooth
    • Adanya kegagalan fungsi pada layar sentuh head unit
    • Data dalam CD tidak dapat terbaca
    • Data dalam USB tidak dapat terbaca

    Lalu Bagaimana Cara Memperbaikinya?

    Untuk memperbaiki kondisi seperti di atas, Anda dapat melakukan reset head unit pada mobil. Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk meresetnya dengan mudah. 

            1. Lepaskan Seluruh Kabel 

    Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencabut seluruh kabel yang tersambung ke head unit. Untuk mencabutnya, Anda membutuhkan beberapa peralatan seperti obeng plus minus dan senter. 

    Apabila peralatan sudah disiapkan, bukalah panel head unit perlahan, kemudian lepaskan seluruh kabel soket yang terhubung ke panel. Lepaskan baut pada head unit, kemudian angkat head unit tersebut. Tunggu beberapa saat kemudian, pasangkan kembali seluruh kabel seperti semula.

            2. Lepaskan Seluruh Switch Pada Head Unit

    Cara reset head unit mobil lainnya selain melepaskan kabel, Anda juga dapat memperbaikinya dengan melepas switch head unit dari dudukannya. Pertama, siapkan obeng plus minus dan senter. 

    Kemudian lepaskan baut yang ada pada head unit hingga head unit terlepas dari dudukannya. Setelah terlepas, angkat head unit dan lepaskan switch yang ada pada bagian belakang. Tunggu beberapa saat, kemudian pasang kembali seperti semula.