Berita

    Featured Image

    Ketahui Jack Stand Mobil, Fungsi, Komponen, & Penggunaannya

    Jack stand mobil pada dasarnya memiliki fungsi yang begitu krusial. Hal ini disebabkan karena komponen ini tidak boleh dipisahkan dari alat dongkrak. Sebenarnya, walaupun terdengar asing, tetapi mungkin Anda sering melihat komponen ini. 

    Jack stand digunakan untuk keadaan darurat, lantas seperti apa fungsi yang dimiliki oleh alat ini sebenarnya? berikut selengkapnya!

    Pengertian Jack Stand Mobil

    Jack stand merupakan pengangkat yang digunakan agar dapat menopang mobil ketika harus diangkat. Sebagian dari Anda mungkin menyebutnya sebagai dongkrak. 

    Alat ini bekerja dengan cara diletakkan di bawah bagian kendaraan dan menjadi alat pendukung saat mobil diangkat dan ditinggikan. 

    Sebenarnya, secara sederhananya, alat ini digunakan untuk mengganti kaki mobil yakni ban tapi jauh lebih tinggi. Oleh sebab itu, dengan menggunakan alat ini, Anda dapat melakukan penggantian ban darurat serta pengecekan di bawah kendaraan. 

    Jika terjadi masalah, Anda dapat mengetahui lebih dini serta dapat segera membawanya ke bengkel resmi agar dapat dilakukan perawatan oleh ahli. Inilah alasan mengapa banyak yang mengatakan bila jack stand adalah alat darurat yang harus ada di dalam mobil. 

    Fungsi Jack Stand Mobil

    Jack stand tentu memiliki sejumlah fungsi. Lebih rinci, berikut adalah penjelasan tentang fungsi-fungsi tersebut:

    • Mengangkat Bodi Kendaraan

    Salah satu  fungsi utama yang dimiliki alat ini adalah mengangkat bodi mobil ketika bagian bawah kendaraan bermasalah. Contohnya ketika mengganti ban. 

    Dengan adanya alat ini, Anda dapat melihat serta memeriksa bagian bawah kendaraan yang sedang bermasalah, sekaligus memudahkan Anda untuk melakukan perbaikan. 

    • Menjaga Keamanan saat Memperbaiki Kendaraan

    Saat ban mobil pecah di tengah jalan, Anda pasti membutuhkan dongkrak untuk penggantian. 

    Ketika Anda melakukan proses perbaikan ini, Anda membutuhkan jack stand agar dapat menopang beban mobil serta meninggikannya sesuai dengan standar ketinggian. 

    Jack stand dapat membantu menyangga bodi kendaraan agar tidak jatuh mengenai Anda Saat proses perbaikan sedang berlangsung. 

    Komponen-komponen Jack Stand

    Ada sejumlah komponen berada di dalam alat ini. Selengkapnya, berikut adalah masing-masing penjelasannya:

    • Lock Pin