Berita

    Featured Image

    Memahami Konsep Eco Friendly dan Teknologi Mobil Suzuki

    XL7, Ertiga, dan Grand Vitara dengan jenis hybrid merupakan rekomendasi mobil Suzuki eco friendly yang diharapkan mampu menjadi solusi terbaik untuk mengurangi ancaman global warming yang kian meresahkan. 

    Pasalnya, ketiga kendaraan tersebut telah menggunakan teknologi hybrid sehingga tidak memberikan dampak yang merugikan bagi lingkungan. Sebenarnya, seperti apa konsep dari mobil eco friendly ini? Berikut penjelasannya. 

    Mengenal Lebih Jauh Konsep Mobil Suzuki Eco Friendly

    Kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi eco friendly adalah jenis kendaraan yang telah menggunakan kadar emisi tingkat rendah dibandingkan dengan mobil berbahan bakar fosil. 

    Kendaraan dengan teknologi ini kerap disebut dengan kendaraan hijau dan mulai diterapkan di berbagai negara, termasuk Indonesia yang menghadirkan mobil Suzuki eco friendly

    Dengan teknologi canggih ini membuat bahan bakar yang dikonsumsi jauh lebih irit dan lebih ramah lingkungan. 

    Teknologi Eco Friendly Pada Mobil Suzuki Hybrid yang Ramah Lingkungan 

    Teknologi Eco Friendly Pada Mobil Suzuki Hybrid yang Ramah Lingkungan

    Hingga saat ini telah hadir tiga teknologi eco friendly, antara lain:

    1. BEV - Battery Electric Vehicle 

    Merupakan teknologi pada kendaraan yang sumber tenaganya sepenuhnya berasal dari baterai sehingga dianggap lebih ramah lingkungan. 

    1. HEV - Hybrid Electric Vehicle 

    Merupakan teknologi yang menggunakan dua sumber tenaga yaitu berasal dari bensin sebagai bahan bakar utama dan traksi sebagai tambahan atau bahan bakar kedua. 

    1. PHEV - Plug-in Hybrid Electric Vehicle

    Merupakan inovasi lanjutan dari teknologi hybrid yang cara pembakarannya menggunakan traksi listrik dan ICE. 

    Dengan demikian, kendaraan yang menggunakan teknologi akan beroperasi dengan mengaplikasikan dua mode yaitu hybrid mode dan all electric mode. 

    Sebagai bukti keseriusan Suzuki dalam mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi global warming, akhirnya produsen otomotif ternama ini menghadirkan tiga kendaraan hijau yang menggunakan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), yaitu:

    1. XL7 Hybrid

    Rekomendasi pertama mobil Suzuki eco friendly adalah XL7 Hybrid. Mobil dengan kapasitas 7 penumpang ini menggabungkan mesin konvensional dengan kapasitas 1.500cc bersama dua komponennya. 

    Kedua komponen tersebut adalah baterai Lithium-ion dan komponen ISG (Integrated Starter Generator). ISG berfungsi untuk menghasilkan energi listrik. Dilain pihak, baterai pada XL7 dengan kapasitas 10 Ah menjadi media penyimpanan energ listrik. 

    Kedua komponen tersebut mendukung kinerja mesin sehingga meringankan beban kerja pada mesin utama. Misalnya, saat XL7 Hybrid melakukan akselerasi dan start-stop mesin.   

    1. All New Ertiga

    Rekomendasi kedua jatuh pada All New Ertiga yang menggunakan komponen ISG dan bateri Lithium-ion berkapasitas 10 Ah disertai dengan teknologi SHVS.

    Lithium-ion-ertiga

    Dengan teknologi Smart Hybrid pada All New Ertiga membuatnya menjadi salah satu mobil hybrid yang berhasil meminimalkan getaran dan suara mesin sehingga konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih hemat. 

    1. Grand Vitara

    Satu lagi rekomendasi mobil Suzuki yang eco friendly yaitu Grand Vitara. Mobil SUV ini memiliki kapasitas mesin 1.500 cc dengan teknologi transmisi otomatis 6-speed dan paddle shift

    Untuk performa mesinnya sendiri menggunakan teknologi fuel energi yang berfungsi sebagai energi mekanik sehingga sangat efisien guna meningkatkan performa rasio kompresi. 

    Untuk sistem pembakarannya dikontrol oleh cooled EGR system dan piston cooling jets. Dengan semua teknologi pada Grand Vitara membuatnya memiliki kinerja mesin yang jauh lebih besar yaitu 103,06 PS/6.000 rpm dengan torsi 136,8 Nm/4.400 rpm. 

    Dengan memiliki salah satu mobil Suzuki eco friendly sama artinya dengan turut serta meminimalisir dampak global warming