Berita

    Featured Image

    Penting! Cara Memilih Oli Mobil yang Tepat

    Menggunakan oli mobil yang tepat bisa memperpanjang usia suku cadang yang terdapat di dalam mesin kendaraan. Itu sebabnya penting bagi setiap pemilik kendaraan untuk lebih memahami bagaimana cara memilih jenis oli yang tepat. 

    Pasalnya, oli tidak hanya berfungsi sebagai pelindung tapi juga sebagai pembersih sekaligus pendingin mesin. Apabila salah memilih, maka risiko yang mungkin terjadi adalah tenaga mesin mobil akan semakin menurun. 

    Jika tidak segera diatasi, kondisi tersebut bisa berujung pada kerusakan suku cadang mesin. Lalu, bagaimana cara memilih oli mesin yang tepat untuk mobil? Berikut penjelasannya. 

    Cara Efektif Memilih Oli Mobil sesuai Kebutuhan Kendaraan Anda

    Cara paling simpel dalam merawat mobil adalah mengingat jadwal service dan menyerahkannya kepada teknisi di bengkel resmi, termasuk dalam hal pemilihan oli mesin. 

    Meskipun demikian, akan lebih baik apabila Anda juga mengetahui oli seperti apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Agar tidak salah, begini cara dalam memilih jenis oli mesin yang tepat.   

    • Memahami Spesifikasi Mesin

    Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli oli mesin adalah terlebih dahulu memahami karakter atau spesifikasi dari mesin kendaraan Anda. 

    Sebab, oli yang bagus bukan berdasarkan harga atau merek, namun yang paling utama adalah kualitas dan kecocokannya dengan mesin kendaraan. 

    Informasi ini bisa diperoleh dari buku manual yang umumnya disertakan setelah transaksi pembelian mobil. Di dalam manual book tersebut dijelaskan secara mendetail mengenai spesifikasi dan juga jenis pelumas atau oli yang tepat. 

    Untuk cara praktisnya, Anda bisa bertanya secara langsung mengenai jenis oli apa yang paling cocok dengan spesifikasi mesin mobil ke bengkel resmi yang biasa Anda datangi ketika akan mengganti oli. 

    Pixabay
    • Mengecek Viskositas Oli 

    Perlu dipahami, oli mesin mobil memiliki viskositas atau tingkat kekentalan yang bervariasi. Setiap viskositas oli mempunyai tujuan masing-masing, walaupun secara umum memiliki fungsi yang sama. 

    Oli dengan tingkat viskositas (viscosity-grade) rendah atau encer akan lebih mudah untuk melumasi komponen mesin yang membutuhkan perlindungan. Selain itu, oli mobil yang encer mampu bekerja pada suhu yang rendah.