Berita

    Featured Image

    Simak Fungsi Kunci Shock

    Apakah Anda cukup familiar dengan kunci shock? Atau yang sering disebut sebagai socket wrench, dan orang-orang kebanyakan mengetahui kunci shock. Kunci jenis ini dikenal sebagai kunci yang paling sering digunakan oleh mekanik atau orang biasa yang hobi mengotak-atik motor, seperti bapak-bapak atau anak laki-laki.

    Hal tersebut disebabkan oleh kunci shock yang dikenal sebagai kunci yang paling nyaman, aman, serta leluasa untuk digunakan dibandingkan dengan jenis kunci lainnya, yaitu kunci pas atau kunci ring. 

    Apabila Anda belum pernah melihat kunci shock, bentuk kunci shock terlihat seperti tabung dengan rongga dan lubang di bagian tengah kunci. Kemudian, terdapat lubang yang berbentuk seperti segi enam dan segi dua belas. Lubang tersebut digunakan sebagai tempat untuk memposisikan baut atau mur saat harus dibuka atau dikencangkan. 

    Bentuk kunci shock yang seperti itu ternyata memiliki kelebihan, yang mana kunci shock mampu mencengkeram atau mengunci seluruh sisi kepala baut atau mur. Kelebihan tersebut akan membantu Anda terhindar dari merusak suatu benda akibat kunci tergelincir.

    Selain itu, kelebihan kunci shock berikutnya adalah dapat digunakan bersama dengan berbagai alat pelengkap, mulai dari kunci ratchet, kunci T-sliding bar, extension bar, atau dengan kunci momen. Alat pelengkap tersebutlah yang nantinya akan memudahkan Anda memakai kunci shock saat melepas baut atau mur.

    Satu lagi, kunci shock juga dapat membantu Anda mengencangkan atau melepas baut atau mur yang berada di dalam dan susah untuk dijangkau, seperti contohnya baut atau mur yang ada di roda mobil.

    Lalu, apa sih sebenarnya fungsi kunci shock itu? Ternyata, fungsi kunci shock lebih banyak bila dibandingkan dengan kunci ring atau kunci pas. Itulah mengapa jenis kunci ini lebih sering digunakan pada saat memperbaiki motor daripada jenis kunci lain.

    3 Fungsi Kunci Shock 

    Kunci shock memiliki tiga macam fungsi yang terbagi berdasarkan kategori berbeda. Apa saja kategorinya? Simak pembahasannya di bawah ini, ya. 

    • Fungsi Berdasarkan Jumlah Titik di Lubang Kunci

    Kunci shock terbagi menjadi tiga jenis jika dilihat berdasarkan jumlah kuncinya. Pertama ada kunci shock 6 pt, yang digunakan untuk pengencangan besar. Kedua, kunci shock 8 pt untuk pengencangan baut.  Ketiga, kunci shock 12 pt yang digunakan pada sudut geser kecil.

    • Fungsi Berdasarkan Panjang atau Pendek Tabung