Berita

    Featured Image

    Suka Nyangkut! Ini Tips Mengatasi Rem Tangan Macet

    Salah satu permasalahan yang cukup sering muncul pada komponen rem tangan mobil, ialah kondisinya yang nyangkut atau macet. Apabila mobil Anda mengalami rem tangan nyangkut, maka Anda perlu segera mengatasinya karena komponen ini merupakan komponen yang penting.

    Artikel ini akan mencoba membahas tentang tips-tips yang bisa diaplikasikan ketika menghadapi kondisi rem tangan yang macet. Ikuti uraian lengkapnya pada pembahasan berikut!

    Tips Mengatasi Rem Tangan Nyangkut

    Rem tangan memiliki fungsi yang sangat penting, seperti misalnya saat Anda akan mengerem di posisi yang menanjak maupun menurun. 

    Dengan fungsinya yang penting tersebut, tentu Anda perlu rutin memeriksa kondisinya agar bisa mencegah permasalahan layaknya rem yang macet atau nyangkut.

    Apabila hal tersebut terjadi pada mobil Anda, berikut ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi kondisi rem tangan nyangkut:

    • Membersihkan Kampas Rem

    Tips pertama yang bisa Anda lakukan ketika menghadapi kondisi rem yang macet, ialah dengan membersihkan bagian kampas remnya. Bahkan apabila diperlukan karena kondisinya yang sudah parah, Anda bisa melakukan penggantian.

    Untuk itu Anda perlu rutin memeriksanya. Segera bersihkan apabila melihat kampas rem yang kotor dan segera ganti apabila melihat kampas rem yang sudah mulai menipis.

    • Menarik Tuas Rem

    Tips lainnya yang juga bisa Anda pertimbangkan untuk mengatasi rem tangan yang macet yaitu dengan menarik bagian tuas remnya. Untuk melakukan cara ini, diperlukan tenaga ekstra karena biasanya rem tangan yang macet tuasnya sangat keras.

    Tariklah tuas sekuat tenaga Anda sampai kondisi tuas kembali ke kondisi semula dan bisa digunakan seperti sebelumnya.

    • Pahami Rem Tangan Secara Manual Maupun Otomatis

    Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi rem tangan nyangkut, ialah dengan memahami cara kerja rem tangan baik yang menggunakan transmisi manual maupun otomatis.

    Umumnya ada tiga jenis rem tangan pada mobil, mulai dari rem tangan jenis stik, rem tangan jenis pedal, maupun rem tangan jenis tombol. Supaya rem tidak lagi nyangkut atau macet, pastikan Anda tidak salah mengoperasikannya!

    • Memanfaatkan Dongkrak

    Anda juga bisa mengatasi permasalahan rem tangan macet dengan memanfaatkan peralatan seperti dongkrak. Untuk menerapkan tips satu ini, ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan.

    Pertama-tama, Anda bisa memasang dongkrak di bagian belakang mobil. Selanjutnya, lepaskan roda dan lepaskan komponen tromol yang kondisinya masih terkunci.

    Umumnya cara ini dilakukan untuk mengatasi rem tangan macet yang disebabkan oleh mobil yang sering melintas di jalanan penuh genangan air. Pasalnya kondisi ini bisa menyebabkan komponen tromol menjadi basah.

    • Menarik Kabel Rem

    Faktor usia pakai yang sudah lama juga bisa menjadi penyebab rem menjadi macet. Hal ini akan membuat kabel rem mengalami perubahan posisi. 

    Ketika Anda mengalami permasalahan ini, maka cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan fungsi rem, yaitu dengan menarik kabel rem dan membuatnya berada di posisi semula.

    rem tangan nyangkut

    Freepik.com

    Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mengatasi permasalahan rem tangan yang macet, Anda perlu ketahui terlebih dahulu akar penyebabnya. Setelah mengetahui hal yang menyebabkan rem tangan macet, Anda bisa mengatasi sesuai dengan penyebab tersebut.