Berita

    Featured Image

    Kenali Ciri-ciri Aki Rekondisi Agar Tak Salah Pilih.

    Aki rekondisi adalah aki bekas pakai yang sudah rusak, lalu diperbaiki ulang untuk dijual kembali. Sebenarnya menggunakan aki bekas yang diisi ulang kembali tidak akan menjadi masalah. Hanya saja usia pemakaiannya akan pendek.

    Selain itu, tidak ada yang bisa menjamin bila aki bekas tersebut ternyata aki rusak yang direkondisi. Kualitasnya tentu akan lebih rendah, kemungkinan aki hanya bisa dipakai selama 7-10 bulan saja.

    Ciri-ciri dari Aki Rekondisi 

    Aki merupakan komponen mobil yang memiliki batas masa pemakaian. Biasanya aki mobil harus diganti setelah dua tahun penggunaan. Untuk menjaga agar sistem kelistrikan mobil bisa berfungsi dengan optimal. 

    Ketika Anda hendak mengganti aki, hati-hati dengan oknum yang menawarkan aki bekas tapi menyebutnya sebagai aki baru. Karena kualitas dan kemampuan aki baru dan bekas jelas sangat berbeda. 

    Meskipun aki bekas tidak akan membahayakan, tapi Anda akan dirugikan dengan usia pemakaian yang cukup singkat. 

    Supaya tidak tertipu dengan oknum penjual yang menawarkan aki rusak tapi dipoles lagi, kenali dulu seperti apa ciri aki rekondisi: 

    • Dijual dengan Murah

    Aki bekas yang dipoles lagi dijual dengan harga yang terlampau murah, di bawah harga pasaran. Sebaiknya Anda jangan mudah tergiur dengan harga murah. Cek dulu harga aki yang asli, sebelum membeli. Harga selalu berbanding lurus dengan kualitas. 

    Aki mobil yang orisinal biasanya dijual dengan harga kisaran Rp800 ribu sampai jutaan rupiah. Jika penjual aki menawarkan harga yang lebih rendah, Anda patut curiga. 

    • Garansi Pendek atau Tidak Jelas

    Biasanya pabrik akan memberikan jaminan garansi untuk setiap produk aki baru. Masa garansi bisa sampai satu tahun. Jika penjual menawarkan aki yang ori, mereka akan memberikan garansi resmi dari pabrik. 

    Namun jika penjual hanya memberikan garansi dalam kurun waktu bulanan, kemungkinan besar ini menjadi ciri aki rekondisi. Oknum yang menjual aki bekas biasanya memberikan waktu garansi yang pendek misalnya hanya 3 bulan. 

    • Rupa Aki Berwarna Kusam

    Selayaknya produk baru yang keluar dari pabrik, aki yang ori memiliki warna cerah dan masih terlihat bersih. Dijual dalam kemasan dengan kardus yang masih terlihat rapi.

    Sedangkan aki rekondisi akan terlihat kusam, karena sudah pernah dipakai sebelumnya. Bila Anda memeriksa aki dengan teliti, Anda akan mendapati bagian yang kotor. Karena meskipun telah dibersihkan bekas noda tetap tertinggal. 

    • Terdapat Goresan