Berita

    Featured Image

    Wajib Tahu! Kebiasaan yang Membuat Cat Mobil Cepat Rusak

    Cat mobil cepat rusak merupakan mimpi buruk bagi setiap pemilik mobil. Selain merusak penampilan seluruh kendaraan, biaya perbaikannya pun malah mulai dari ratusan hingga jutaan.

    Memang, cat bodi mobil yang rusak akibat kecelakan tidak bisa sepenuhnya dicegah. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang mungkin menjadi penyebab utamanya? 

    Contohnya, kesalahan kecil dalam perawatan sehari-hari atau kebiasaan menempatkan mobil di tempat yang salah. 

    Hindari 4 Kebiasaan Buruk yang Membuat Cat Mobil Cepat Rusak

    Masih ada beberapa kebiasaan buruk lainnya yang berpotensi merusak cat mobil. Ada apa saja? Ketahui dari daftar berikut!

    1. Mencuci Mobil dengan Cara yang Salah

    Mencuci mobil mungkin merupakan perihal yang sangat sederhana, namun ada teknik dan alat tertentu yang harus digunakan agar cat mobil tidak rusak.

    Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan adalah menggunakan kain atau lap yang kasar. Kain seperti ini dapat meninggalkan goresan halus pada permukaan cat.

    Selain itu, mencuci mobil dengan air yang terlalu panas atau deterjen yang tidak khusus untuk mobil juga bisa merusak lapisan cat.

    Penting untuk selalu menggunakan kain lap kanebo yang lembut dan pastikan bersih sebelum digunakan. Juga, gunakan sabun khusus mobil yang memiliki pH seimbang agar cat mobil tetap terjaga.

    2. Mengelap Cat Mobil dengan Sembarangan

    Setelah mencuci mobil, tentu Anda ingin mengeringkannya secepat mungkin, terutama saat sedang terburu-buru. Namun, mengelap mobil dengan cara yang sembarangan juga bisa membuat cat mobil cepat rusak.

    Menggunakan kain yang kasar atau mengelap dengan gerakan yang terlalu kuat dapat menyebabkan goresan pada cat. Bahkan, debu atau kotoran yang menempel pada kain bisa menjadi seperti amplas yang mengikis cat mobil saat kita mengelap.

    Oleh karena itu, selalu gunakan kain yang lembut seperti kain mikrofiber, dan pastikan kain tersebut bersih dari kotoran sebelum digunakan.

    3. Menggunakan Cover yang Tahan Air

    Mungkin Anda berpikir bahwa dengan menggunakan cover mobil yang tahan air, mobil akan terlindung dari hujan atau embun. Akan tetapi, kenyataannya tidak selalu demikian. Sebab faktanya, penutup ini juga berpotensi membuat cat mobil cepat rusak.

    Cover mobil tahan air seringkali menahan kelembaban di antara cover dan permukaan cat mobil. Kelembaban ini bisa menjadi tempat yang ideal bagi jamur untuk tumbuh, yang tentunya akan merusak cat mobil Anda.