Berita

    Ini Dia Kebiasaan yang Membuat Cat Mobil Cepat Kusam

    Cat mobil kusam adalah masalah umum yang dihadapi oleh banyak pemilik kendaraan. Meskipun telah melakukan perawatan rutin, seringkali cat mobil tetap kehilangan kilau dan kecerahannya seiring waktu. 

    Beberapa kebiasaan dapat menjadi penyebab utama cat mobil cepat kusam. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera mengetahui faktor apa saja yang bisa menyebabkan cat mobil cepat kusam. 

    5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Cat Mobil Kusam Lebih Cepat

    Memahami beberapa penyebab cat mobil cepat kusam di bawah ini, mungkin dapat membantu Anda menjaga penampilan mobil lebih baik. Berikut adalah beberapa penyebab umum cat mobil cepat kusam:

    • Membiarkan Mobil Terpapar Sinar Matahari

    Sinar matahari dan panas yang ekstrem dapat merusak lapisan cat mobil seiring waktu. Paparan terus-menerus terhadap sinar UV dapat menyebabkan oksidasi cat, membuatnya kehilangan kilau dan warnanya.

    Solusi yang bisa dilakukan yaitu melindungi mobil Anda dari paparan sinar matahari langsung dengan memarkirkan di tempat yang teduh atau menggunakan penutup mobil khusus. 

    Selain itu, penggunaan pelindung cat (wax) secara teratur juga dapat membantu melindungi cat dari efek buruk sinar UV.

    • Jarang Mencuci Mobil

    Partikel-partikel debu dan polusi udara dapat menempel pada permukaan cat mobil sehingga membuatnya tampak kusam dan kotor. Selain itu, polusi udara yang mengandung zat-zat kimia dapat merusak lapisan cat.

     

    jarang mencuci mobil

    Pexels.com

    Oleh karena itu, pastikan untuk selalu cuci mobil secara teratur, terutama setelah perjalanan panjang atau di daerah yang polusinya tinggi. Penggunaan wax atau pelindung cat dapat membantu mencegah partikel-partikel kecil menempel pada cat.

    • Parkir di Area Terbuka saat Cuaca Ekstrem

    Hujan asam, salju, atau hujan debu dapat memberikan dampak negatif pada cat mobil. Zat-zat kimia dalam hujan asam dapat merusak lapisan cat dan menyebabkan cat mobil kusam.

    Jika memungkinan, hindari parkir di daerah terbuka saat cuaca ekstrem. Cuci mobil secara teratur untuk menghilangkan residu cuaca yang dapat merusak cat.

    • Penggunaan Bahan Cuci Mobil yang Tidak Tepat

    Penggunaan produk pembersih yang tepat sangat penting untuk menjaga kecerahan cat. Pasalnya, penggunaan sabun yang tidak tepat dapat merusak lapisan cat.  

    Solusinya, Anda dapat menggunakan sabun pencuci mobil yang diformulasikan khusus. Jangan lupa agar menggunakan spons atau kain lembut untuk menghindari goresan pada cat.

    • Menggunakan Sarung Mobil di Luar

    Banyak orang yang mengira jika cover mobil dapat membantu membantu menghindari cat mobil kusam. Padahal, hal ini masih keliru. 

    Ketika mobil dibungkus menggunakan cover di luar ruangan, bisa meningkatkan kelembaban udara di dalam cover akibat panas matahari. 

    Hal ini justru dapat merusak cat mobil. Oleh karena itu, cover mobil lebih disarankan untuk digunakan di dalam ruangan saja.

    • Parkir di Bawah Pohon

    Kebiasaan lainnya yang sering dilakukan yaitu memarkirkan mobil di bawah pohon. Ternyata hal ini tidak disarankan. Pasalnya, pohon dapat menurunkan getah yang bisa merusak kilauan cat mobil. 

    Selain itu, bisa jadi ada kotoran burung jatuh ke mobil Anda. Kotoran ini bersifat asam sehingga dapat merusak cat mobil. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kebiasaan parkir di bawah pohon.