Berita

    Featured Image

    Ketahui Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi

    Setelan angin karburator tidak berfungsi tentu dapat menyebabkan beberapa masalah. Salah satunya yaitu menyebabkan performa mesin kendaraan menjadi tidak maksimal. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa penyebab kerusakan pada setelan angin karburator ini.

    Disadari atau tidak, karburator merupakan bagian penting dari sebuah mesin kendaraan bermotor. Pasalnya, bagian ini berfungsi sebagai tempat mencampurkan bahan bakar ke dalam udara menuju mesin. Lalu apa penyebab setelan angin karburator tidak dapat berfungsi? Berikut jawabannya.

    Apa Itu Karburator?

    Karburator adalah spare part yang berfungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar dalam sebuah mesin. Pada saat mesin dihidupkan, maka piston silinder akan menghisap udara dari luar ke dalam karburator. 

    Selanjutnya, kecepatan udara akan mengalir melalui spuyer kecil dan menghasilkan tekanan udara yang rendah. Akibatnya, ruang pelampung akan ikut terhisap melalui spuyer kecil. Selanjutnya, bahan bakar akan bercampur naik bersama udara dalam bentuk gas lalu masuk ke ruang bakar.

    4 Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi

    Mengetahui penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi bisa membantu Anda lebih mudah dalam memperbaikinya. Karena itu, mari simak beberapa penyebabnya di bawah ini.

    • Intake Manifold Aus

    Intake manifold merupakan sebuah pipa tabung yang terletak pada bagian atas. Fungsinya yaitu sebagai penghantar campuran udara dan bahan bakar menuju silinder agar dapat digunakan dalam proses pembakaran. 

    Pada saat bagian ini bermasalah, besar kemungkinan terjadi kebocoran akibat usia komponen yang sudah tua. 

    Jika setelan angin tidak berfungsi akibat hal ini, maka Anda bisa mengeceknya langsung ke bengkel resmi kendaraan. Selanjutnya, montir akan memperbaiki komponen ini atau menggantinya dengan komponen yang baru.

    • Sil Karet Sekrup Angin Rusak (Oring)

    Sil karet sekrup angin berfungsi untuk mencegah adanya angin yang keluar dari karburator. Karena itu, saat bagian ini rusak bisa mengakibatkan karburator mengalami kebocoran angin. Tentunya hal ini dapat mengacaukan sistem internal pada karburator.

    Adapun penyebab oring rusak yaitu karena sobek atau oring sudah sudah mengeras. Karena itu, saat hal ini terjadi Anda harus segera mencari penggantinya agar tidak terjadi masalah pada setelan angin karburator.

    • Per Sekrup yang Kendur