Berita

    Featured Image

    Penting! 8 Kesalahan saat Mencuci Mobil

    Mencuci mobil sendiri memang menjadi salah satu kegiatan yang mudah untuk merawat kendaraan Anda. Namun penting untuk memperhatikan kesalahan saat mencuci mobil yang harus Anda hindari.

    Kesalahan ketika mencuci justru bisa mengakibatkan masalah pada komponen kendaraan Anda. Pada artikel ini, akan dibahas lebih jauh apa saja hal-hal yang sebaiknya jangan dilakukan saat mencuci mobil.

    8 Kesalahan saat Mencuci Mobil

    Memahami kesalahan ketika mencuci mobil, perlu diketahui sehingga dapat dihindari agar mobil mendapatkan penanganan dan perawatan yang baik. Apa saja hal yang tidak diperbolehkan ketika membersihkan mobil?

    • Lokasi Terlalu Panas

    Kesalahan pertama yang sering dilakukan saat mencuci mobil adalah menentukan lokasi yang tidak tepat. Contohnya seperti mencuci kendaraan di bawah terik matahari saat pagi atau siang hari.

    Hal ini bisa menyebabkan air menguap sebelum dikeringkan.  Akibatnya, akan meninggalkan kotoran sehingga muncul water spot dan bercak air sehingga menyebabkan tampilan mobil terlihat kusam.

    • Mencuci Mobil di Malam Hari

    Selain mencuci mobil di cuaca yang terik, aktivitas ini juga sebaiknya tidak dilakukan saat malam hari. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan udara lembab pada malam bisa membuat proses pengeringan lebih lambat.

    Risikonya tidak hanya sekedar menimbulkan bau dan water spot pada mobil, tetapi bisa memicu munculnya karat pada area tertentu bodi mobil.

    • Penggunaan Sabun Deterjen

    Untuk perawatan mobil tetap optimal, tentu perlu membersihkan menggunakan sabun khusus pencuci mobil. Dengan memakai sabun yang diformulasikan untuk mobil, ini dapat menjaga kualitas lapisan cat dengan baik.

    sabun dan DeterjenPexels.com

    Hindari menggunakan sabun deterjen sembarangan karena dapat mempengaruhi lapisan pelindung cat. Sebab, sabun deterjen memiliki sifat asam yang dapat merusak coating dan membuat cat mobil menjadi kusam.

    • Memakai Sikat Kawat

    Beberapa bagian mobil seperti kolong atau kaki-kaki, kerap perlu dibersihkan menggunakan sikat untuk membersihkan dari noda lumpur. Sayangnya, kesalahan saat mencuci mobil yang sering terjadi kerap menggunakan sikat berbahan kawat.

    Hal ini yang membuat lapisan anti karat pada bagian mobil bisa terkelupas. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan sikat biasa saja dengan tekstur lebih lembut dan menyikatnya secara perlahan.

    • Teknik Pengeringan

    Setelah mobil dicuci, sangat fatal apabila tidak segera dikeringkan dari bekas sisa-sisa air yang menempel. Begitu pun teknik pengeringan yang tidak sesuai bisa menjadi kesalahan yang cukup serius pada mobil Anda.

    Maka dari itu, saat melakukan pengeringan, sebaiknya gunakan beberapa jenis kain yang halus agar body mobil terhindar dari goresan halus. Pilih lah bahan kain lap seperti microfiber atau chamois sebagai alat mengelap terbaik untuk mobil.

    • Memutar Kain Lap

    Kesalahan lainnya yang sering dilakukan saat mencuci mobil sendiri adalah dengan memutar kain lap bolak-balik. Hal ini juga sangat fatal terutama jika mengelapnya dilakukan secara kasar.

    Akibatnya, ini bisa mengakibatkan timbulnya baret halus di permukaan bodi mobil. Ketika mengelap bodi mobil, sebaiknya lakukan gerakan satu arah  dan mengangkat sedikit kain ketika kembali ke posisi awal.

    • Penggunaan Air di Komponen Listrik

    Tidak semua bagian mobil harus dibersihkan menggunakan aliran air seperti area distributor, dinamo, dan sistem kelistrikan lainnya. Hal ini tentu dapat merusak sambungan yang menyebabkan mobil sulit dioperasikan.

    Meski begitu, area ini bisa dibersihkan dengan menggunakan lap basah. Karena tujuannya untuk membersihkan komponen agar terbebas dari debu yang menumpuk.

    • Mengabaikan Bagasi Mobil

    Kesalahan dalam mencuci mobil kerap terjadi karena tidak memperhatikan bagian bagasi atau penyimpanan barang di belakang mobil. Padahal, ruang ini juga wajib dibersihkan sebagai upaya menghilangkan bau tidak sedap di dalam mobil.

    Oleh sebab itu, pastikan Anda sudah memastikan kebersihan di setiap area ruang kendaraan Anda. Jika diperlukan, berikan pengharum ruangan agar kabin dan bagasi mobil tetap wangi tahan lama.